Minggu, 26 Februari 2012

Limbah Rumah Sakit


Limbah Rumah Sakit

Definisi: 'Bio-medis limbah' berarti setiap limbah padat dan / atau cair termasuk nya wadah dan setiap produk setengah jadi, yang dihasilkan selama diagnosis, pengobatan atau imunisasi manusia atau hewan atau dalam penelitian berkaitan hal tersebut atau dalam produksi atau pengujian tersebut. Sifat fisiko-kimia dan biologis komponen ini, mereka toksisitas dan potensi bahaya yang berbeda, yang memerlukan metode yang berbeda / pilihan untuk pengobatan mereka / pembuangan. Dalam Jadwal I dari Limbah Bio-medis (Manajemen dan Penanganan) , karena itu, limbah yang berasal dari berbagai jenis perusahaan-perusahaan itu, telah dikategorikan ke dalam 10 kategori yang berbeda (seperti yang disebutkan dalam kotak di bawah) dan pengobatan mereka dan opsi pembuangan telah ditunjukkan. 

Komponen Bio-medis limbah 
  1. Manusia anatomi limbah (jaringan, organ, bagian tubuh dll), 
  2. Kotoran hewan (seperti di atas, yang dihasilkan selama penelitian / eksperimen, dari rumah sakit hewan dll), 
  3. Mikrobiologi dan bioteknologi limbah, seperti, budaya laboratorium, mikro-organisme, manusia dan hewan sel budaya, racun dll, 
  4. Limbah benda tajam, seperti, jarum suntik, jarum suntik, pisau bedah, dll pecahan kaca, 
  5. Dibuang obat dan cyto-toksik obat 
  • kotor limbah, seperti berpakaian, perban, gips plester, bahan terkontaminasi dll darah, (Vii) limbah padat (barang sekali pakai seperti tabung, kateter dll tidak termasuk benda tajam), 
  • cairan limbah yang dihasilkan dari salah satu daerah yang terinfeksi, 
  • pembakaran abu, 
  • kimia limbah
Bahaya Kesehatan yang berhubungan dengan rendahnya manajemen Bio-medis limbah 
  1. Cedera dari benda tajam untuk staf dan limbah penangan yang berhubungan dengan perawatan kesehatan pendirian.
  2. Rumah Sakit Acquired Infeksi (HAI) (nosokomial) pasien karena penyebaran infeksi. 
  3. Resiko infeksi di luar rumah sakit untuk penangan limbah / pemulung dan akhirnya masyarakat umum. 
  4. Kerja risiko yang terkait dengan bahan kimia berbahaya, obat-obatan dll 
  5. Tidak sah pengemasan ulang dan penjualan barang sekali pakai dan tidak terpakai / tanggal kadaluarsa obat
Berikut ini adalah masalah lingkungan utama yang berkaitan dengan yang tidak tepat pembuangan bio-medis pengelolaan sampah : 
  • Penyebaran infeksi dan penyakit melalui vektor (terbang, nyamuk, serangga dll) yang mempengaruhi di-rumah serta penduduk sekitarnya. 
  • Penyebaran infeksi melalui kontak / cedera di antara medis / non medis personil dan penyapu pemulung /, terutama dari benda tajam (jarum, pisau dll).
  • Penyebaran infeksi melalui daur ulang yang tidak sah barang sekali pakai seperti jarum suntik, tabung, pisau, botol dll 
  • Karena penggunaan obat-obatan dibuang reaksiBeracun emisi dari cacat / tidak efisien insinerator. 
  • Sembarangan pembuangan abu insinerator / residu
Untuk instansi kesehatan yang lebih besar perawatan seperti rumah sakit, komprehensif perlu dilakukan untuk pengembangan pengelolaan limbah sendiri rencana / program, yang terdiri dari langkah-langkah berikut: 
  1. Mendokumentasikan medis / bio-medis praktek / prosedur dilakukan oleh perawatan kesehatan khususnya pembentukan dengan mendaftar kategori limbah dihasilkan sesuai jadwal dan aturan. 
  2. Menilai praktik saat ini dan tanggung jawab (seperti yang disebutkan sebelumnya). 
  3. Menilai biaya saat ini untuk pengelolaan limbah berbahaya. 
  4. Mengembangkan bio-medis kebijakan pengelolaan limbah yang efektif / rencana sesuai dengan Peraturan dan 
  5. Implementasi dari rencana
Setiap kategori limbah (menurut pilihan pengobatan yang disebutkan dalam Jadwal dari aturan) harus disimpan terpisah dalam wadah yang tepat atau tas sebagai yang mungkin terjadi. Wadah tersebut / tas harus memiliki properti berikut: 
  • Pasti cukup kokoh untuk menahan volume maksimum dirancang dan berat limbah tanpa kerusakan. • Harus tanpa tusukan / kebocoran. 
  • Wadah harus memiliki penutup, sebaiknya dioperasikan oleh kaki. Jika plastik tas yang akan digunakan, mereka harus dipasang dengan aman dalam wadah di sedemikian rupa sehingga mereka tinggal di tempat selama pembukaan dan penutupan tutup dan juga dapat dihapus tanpa kesulitan. 
  • Para benda tajam harus disimpan dalam tusukan benda tajam bukti kontainer. Tapi sebelum menempatkan mereka dalam wadah, mereka harus dimutilasi oleh pemotong jarum, ditempatkan di departemen / bangsal itu sendiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar